Kamis, 18 Juli 2013

MASIH SEPUTAR POHON KELAPA

SISIMELIK POHON KELAPA

Pohon kelapa mempunyai ciri khas dibandingkan pohon lain.Si Cocos Nucipera dari daunnya berpelepah panjang sangat cantik tertiup angin.Tidak heran bila banyak orang menjadikan pohon kelapa sebagai tanaman hias.
    Tanaman kelapa dikenal sebagai pohon yang mempunyai banyak kegunaan mulai dari akar sampai pada ujung daunnya.dari produk non kuliner sampai proad duk kuliner/makanan ,dan juga produk industri sampai produk obat-obatan.Bagi banyak penduduk di dunia tanaman ini disebut sebagai "pohon kehidupan".
  Ini adalah beberapa manfaat dari pohon kelapa :
1.Batang Pohon
      Bagian paling atas dari batang adalah mahkota dengan daun-daun berbentuk bunga mawar.Tinggi pohon kelapa dapat mencapai 15-30 di daerah perrkebunan.Batang kelapa juga dapat diukir menjadikan produk-produk dekoratif seperti bingkai foto.Batang kayu dapat digunakan sebagai perabot rumah tangga,peralatan makanan dan untuk bangunan.
2.Daun Kelapa
     Daun kelapa berpelepah sepanjang 2-3 m.Daun kelapa berbentuk bulu yang terbagi dalam lembaran-lembaran yang begitu banyak.Panjang daun dapat mencapai 7 m berisi 250 lembar.Daun kelapa dapat menjaadi anyaman tikar ,tenunan dan digunakan untuk atap.
     Daun dari pohon kelapa ditenun secara trdisional untuk dibuat keranjang,kipas,topi,dan alas.Daun kelapa telah dipakai untuk atap rumah dan sapu.
3.Bunga Kelapa
     Bunganya berbentuk tongkol bynga jantan dan betina berkembang pada tanaman yang sama dengan dahan-dahan yang berbunga.Warna bunga kuning pucat dengan panjang kira-kira 1cm.Pangkal pohon yang berbunga disadap untuk diambil getahnya.
4.Air Kelapa
     Air Kelapa merupakan jenis minuman yang terkenal yang dizmbil dari buah yang sudah matang ,antioksidan,bernutrisi dan mengandung gula,vit E,Asam amino dan mineral lainnya.
5.Bunga (Kelapa)
    Bunga kelapa berbentuk lonjong dan dilapisi oleh kulit yang licin yang berwarna hijau terang,jingga cerah/warna gading.Dibawah lapisan kelapa terdapat lapisaan serat tebal yang digunakan untuk sabut.Lapisan beikutnya adalah tempurung dari biji yang mempunyai 3 karakteristik"mata".
6.Minyak Kelapa
    Minyak kelapa dibuat dari daging kelapa yang dikeringkan kemudian melalui proses pengolahan pabrik.Minyak digunakan untuk memasak,pembuatan margarin,es cream dan manisan.Ada juga yang digunakan untuk kebutuhan harian rumah tangga seperi sabun,kosmetik,dan sampo.
    Tempurungnya digunakan untuk membuat segala bentuk alat wadah-wadah,dan untuk arang.Tempurungnya digunakan untuk pembakaran untuk penyaringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar