Jumat, 12 Juli 2013

TIPS KEUANGAN MENJELANG BULAN RAMADHAN

TIPS KEUANGAN
Yang harus selalu Anda ingat dalam berbelanja kebutuhan bulan Ramadhan adalah jangan sampai overbudget atau berbelanja melebihi anggaran. Untuk itu cermatilah apa saja keperluan selama bulan puasa yang mungkin membengkak.
-   Pertama pengeluaran wajib seperti zakat fitrah dan juga zakat maal. Anggaran sedekah pun boleh jadi meningkat drastis di bulan ini.
-   Kedua biaya listrik air dan gas untuk memasak
-   Ketiga harga sembako atau bahan pangan
-   Kempat anggaran untuk menyediakan penganan buka bersama di masjid.
-   Kelima anggaran berbuka puasa di luar.
-   Dan keenam biaya persiapan mudik dan membeli oleh-oleh.
Persiapkan dana untuk keperluan yang sifatnya wajib lebih dulu seperti zakat, sedekah dan setelah itu baru tentukan budget untuk pengeluaran lainnya. Bila Anda kebagian jatah THR langsung alokasikan untuk kebutuhan-kebutuhan di atas jangan berbelanja dahulu sebelum uang THR diterima apalagi mengambil barang kredit.
Bagaimana kalau gaji dan THR ternyata masih belum mencukupi kebutuhan-kebutuhan di atas? Bisakah saya kita menggunakan dana darurat? Ya, dana darurat bisa saja digunakan apabila Anda memang belum memiliki persiapan dana untuk bulan puasa dan lebaran.
Namun jangan menggunakan seluruh dana darurat Anda. Gunakan dana darurat sebagian saja dan perlakukan dana darurat itu sebagai utang. Kelak setelah lebaran dana darurat itu harus segera Anda cicil lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar